Jumat, 03 Februari 2012

BELAJAR MEMBUAT WEBSITE Part 12

Prosedur Pendaftaran di Direktori (Portal) dan Search Engine

Dalam tulisan berikut ini kita akan membahas tentang cara mendaftarkan website kita di dua buah portal. Yang satu adalah portal internasional (tentunya berbahasa Inggris) bernama DMOZ atau Open Directory Project (ODP) yang beralamat di http://dmoz.org. Sedang yang satunya adalah portal nasional atau portal Indonesia bernama Search Indonesia yang beralamat di http://www.searchindonesia.com. Dengan mendaftar di Open Directory (DMOZ), bila pendaftaran anda diterima, anda akan sekaligus dimasukkan ke dalam database sejumlah search engine besar yang terkenal seperti: Google, Altavista, AOL Search, HotBot, Lycos dan lain-lain. Search engine Yahoo! pun sudah termasuk karena Yahoo! juga menggunakan database Google.

Mendaftar di Open Directory (DMOZ)

Kita mulai dari Open Directory. Pergilah ke situs Open Directory di http://dmoz.org. Tampilan awalnya tampak sebagai berikut:

Klik link suggest URL yang terdapat di bagian atas yaitu di banner DMOZ. Anda akan dibawa ke halaman yang berisi penjelasan tentang peraturan atau tata cara mengajukan pendaftaran website (How to suggest a site to the open directory). Bila anda sedikit (apalagi banyak) bisa berbahasa Inggris, ada baiknya anda membaca peraturan ini dengan saksama. Diantara point-point peraturan yang penting untuk kita ketahui adalah:
  1. Jangan mendaftar dengan nama URL Redirection, gunakan URL asli dari webhosting anda.
  2. Kangan mendaftar website yang belum selesai, ada halaman yang sedang dikerjakan atau ada link yang terputus.
  3. Bila website anda menggunakan bahasa utama selain Bahasa Inggris, maka daftarkanlah dalam kategori World.
Setelah anda setuju dengan semua peraturan yang dijelaskan di halaman ini kemudian anda mengklik link Proceed to the Open Directory home at dmoz.org untuk memulai proses pendaftaran, anda akan kembali dibawa ke halaman depan (homepage) dari DMOZ yang tergambar di atas. Di situ anda harus mencari dan menelusuri kategori dan sub kategori yang paling tepat (sesuai) untuk website yang telah anda buat. Mengingat point ketiga yang kami sebutkan di atas, bila situs anda berbahasa Indonesia, maka kategori pertama yang harus anda masuki adalah link World yang terdapat pada deretan link terbawah. Klik link World
Anda akan dibawa ke daftar sejumlah link bahasa-bahasa yang terdapat di seluruh dunia yang dirunut sesuai abjad. Angka-angka yang terdapat dalam tanda kurung di belakang setiap link kategori merupakan jumlah website yang telah terdaftar dalam Open Directory untuk kategori tersebut. Carilah link Indonesia. Setelah ketemu, klik link tersebut. Anda akan dibawa ke halaman selanjutnya yang merupakan hirarki pertama dari daftar kategori dalam kelompok website Indonesia. 

Di sini terdapat sejumlah kategori seperti Belanja, Berita, Bisnis, Kesehatan dan seterusnya. Pilihlah kategori yang paling sesuai untuk website anda. Dalam hal ini kami mengambil website ini (BuatSite) sebagai contoh. Untuk website ini kami memilih kategori Komputer. Setelah link Komputer diklik, kita akan dibawa ke hirarki kategori selanjutnya yang di dalamnya terdapat sejumlah sub kategori seperti Hacking, Internet, Konsultan, Linux dan seterusnya. Di sini kami mengklik link Internet yang membawa kita ke hirarki kategori selanjutnya. Sub kategori yang terdapat di halaman ini antara lain Berita Online, Chat, Layanan Email, Layanan Web dan lain-lain seperti tampak di bawah ini:

Andaikata saya ingin mendaftarkan website saya sampai di kategori Internet saja, tidak memasuki sub kategori yang lebih dalam, maka sampai di sini saya langsung mengklik link tambah URL yang terdapat di bagian atas (banner). Bila anda ingin melihat situs-situs mana saja yang telah terdaftar dalam kategori (kelompok) Internet, gulunglah layar ke bawah maka di situ anda akan melihat daftar nama-nama situs, lengkap dengan deskripsi (penjelasan ringkas) tentang isi masing-masing situs. Bila anda ingin mendaftar dalam sub kategori yang lebih dalam, klik link sub kategori yang dimaksud kemudian klik link tambah URL seperti yang telah dijelaskan tadi. Setelah anda mengklik link tambah URL tersebut, anda akan dibawa ke halaman Submit a site to the Open Directory. Di halaman ini anda diminta untuk mengisi formulir registrasi (pendaftaran). Hanya ada empat kotak yang harus anda isi dengan baik dan benar. 
  1. Site URL. Masukkan alamat (URL) website anda. Ingat alamat yang dimaksud adalah alamat asli dari webhosting tempat anda menyimpan file-file website anda. Jadi jangan memasukkan alamat URL Redirection. 
  2. Title of Site. Tuliskan nama (judul) dari website anda. Istilah "Title" ini sudah dijelaskan pada pelajaran di halaman 10 yang lalu.
  3. Site Description. Ketikkan uraian ringkas tentang isi website anda. Inipun sudah dijelaskan di halaman 10.
  4. Your E-Mail Address. Tuliskan alamat email yang anda miliki.
Setelah semua kotak-kotak isian telah anda isi dengan benar, klik tombol Submit yang terdapat pada bagian paling bawah. Bila semua isian anda benar, maka di halaman selanjutnya anda akan mendapati tulisan Submission Received yang menyatakan bahwa pengajuan pendaftaran website anda telah diterima. Hal ini bukan berarti website anda telah diterima dan akan dimasukkan dalam direktori DMOZ. Kita masih harus menunggu beberapa minggu atau bulan untuk proses verifikasi. Itupun bila website yang anda ajukan dianggap memenuhi syarat dan layak dimasukkan dalam direktori DMOZ. Website yang biasanya dianggap layak pajang adalah website yang tidak memiliki cacat serius dari segi teknik pembuatan website serta memiliki isi (content) yang cukup khas karena mengandung materi atau informasi yang masih jarang ditemukan di internet.  

Mendaftar di Portal SearchIndonesia

Portal SerchIndonesia memiliki konsep pendaftaran website yang mirip dengan Open Direcotry. Buka situs SearchIndonesia di http://www.searchindonesia.com. Tampilan awalnya tampak sebagai berikut:

Pada kolom menu sebelah kiri di bawah judul siTools terdapat link untuk mengajukan pendaftaran situs yaitu Tambah URL. Klik ini maka anda akan dibawa pada halaman berjudul Tambah URL, bagaimana caranya? Hal ini berisi penjelasan tentang tata cara mendaftar di SearchIndonesia. Bila sudah paham, klik link kembali ke halaman awal. Karena di halaman awal tadi, anda disuruh memilih kategori atau kelompok yang pas untuk situs anda. Persis seperti pendaftaran di DMOZ, kan? Telusurilah link-link kategori yang tersedia (seperti di DMOZ) untuk mencari kategori yang cocok untuk situs anda.

Setelah anda memasuki halaman kategori yang anda pilih, klik link Tambah URL yang terdapat pada kolom menu sebelah kiri seperti tampak pada gambar di atas. Barulah anda di bawah ke formulir pendaftaran seperti yang tampak di bawah ini:

Ada empat kotak yang harus anda isi yaitu Judul (Title), URL, Deskripsi (Description), Nama Kontak (isi dengan nama anda) dan Email Kotak (isi dengan alamat email anda). Keempat item yang harus diisi itu tentunya sudah sangat jelas bagi anda karena telah pernah dijelaskan. Setelah anda mengisi semuanya dengan benar, klik tombol Kirim. Selesailah sudah tugas anda. Tampak halaman selanjutnya berisi ucapan terima kasih dan data-data yang telah anda masukkan tadi. Sekarang anda tinggal menunggu berita dari SearchIndonesia yang akan dikirimkan ke email anda bila website anda diterima untuk dimasukkan dalam direktori.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management