Kamis, 26 Januari 2012

Download Google Chrome Portable

Hampir sebulan yang lalu, saya memposting artikel tentang Google Chrome ini yaitu Download Google Chrome 5.0. Google Chrome menjadi salah satu browser favorit pengguna Internet. Selain Google Chrome saya jug apernah memposting artikel tentang beberapa browser lainnya seperti Mozilla Firefox 3.6, Internet Explorer 9, ataupun Opera 10. Pada artikel kali ini saya ingin membagi info tentang Google Chrome Portable.
Dengan mempunyai Google Chrome Portable, Anda bisa menggunakan Google Chrome di komputer manapun karena software ini bisa Anda install di flashdisk layaknya software portable lainnya. Disamping itu, Anda masih bisa menggunakan ekstensi favorit Anda pada versi portable ini. Namun, perlu Anda ketahui, secara default Google Chrome Portable ini menggunakan bahasa Jerman. Di bawah akan saya jelaskan cara mengubah bahasa Google Chrome Portable.
Cara Install Google Chrome Portable?
  1. Pertama-tama download Google Chrome Portable terlebih dahulu (link download di akhir artikel). File yang Anda download berupa 7-Zip selft extractor pakage berkestensi .exe dengan ukuran kira-kira 24,4 MB.
  2. Setelah proses download selesai. Jalankan file PortableGoogleChrome.exe hasil download tadi. Pada jendela 7-Zip selft extractor archive klik tombol bertuliskan .... dan pilih lokasi pada Flashdisk Anda sebagai tempat instalasi Google Chrome Portable. Setelah itu klik tombol Extract.
  3. 7 zip Selft Extractor
  4. Tunggu hingga proses ekstrak selesai. Ketika proses ini selesai, Google Chrome versi portable Anda siap digunakan.
  5. Untuk menjalankan Google Chrome Portable, buka lokasi instalasi yang Anda tentukan pada langkah 2 tadi dan jalankan (double klik) file yang bernama ChromeLoader.exe.
  6. ChromeLoader
Cara Mengubah Bahasa Google Chrome Portable?
Seperti yang saya katakan di atas, bahasa default dari Google Chrome Portable ini adalah Bahasa German. Jadi, untuk mempermudah menggunakannya, saya rasa Anda perlu mengubah bahasanya menjadi bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris. Berikut cara mengubah bahasa Google Chrome Portable ke bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris:
  1. Buka Google Chrome Portable dan klik gambar (icon) kunci Menu Chrome di pojok kanan atas jendela. Pada drop-down menu yang muncul klik menu Optionen
  2. Menu Optionen
  3. Pada jendela Google Chrome Optionen, klik tab Details. Selanjutnya, klik tombol Schriftart- und Spracheinstellungen ändern
  4. Jendela Option
  5. Di jendela selanjutnya, klik tab Sprachen. Di bawahnya pilih bahasa pada drop-down box Google Chrome Sprache. Jika Anda ingin memakai bahasa Indonesia, pilih Indonesisch – Bahasa Indonesia.
  6. Pilih Bahasa
  7. Klik tombol OK dan akan muncul pesan bahwa Anda harus merestart Google Chrome. Klik OK pada pesan tersebut dan tutup jendela Optionen. Setelah itu, restart Google Chrome Portable Anda, maka bahasanya akan berubah sesuai dengan bahasa yang Anda pilih tadi.
Setelah selesai mengubah bahasa Google Chrome versi Portable, kini Anda sudah bisa menggunakannya seperti Google Chrome versi desktop. Anda juga bisa menambahkan ektensi dan melakukan pengaturan lainnya sesuai dengan keinginan.
Tertarik untuk mencoba Google Chrome Portable? Silahkan download Google Chrome Portable melalui link di bawah ini:
Download Google Chrome Portable

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management