Kamis, 26 Januari 2012

Mengembalikan Lokasi Default Folder My Documents di Windows 7

Beberapa bulan yang lalu saya telah memposting artikel cara memindahkan folder My Documents pada windows 7. Dengan tutorial tersebut, Anda dapat memindahkan lokasi folder My Documents Windows 7 ke folder lain. Beberapa hari yang lalu, seorang teman (Arif R. ) bertanya pada artikel tersebut melalui komentar.
kalau cara menggembalikan ke defaultnya gimana?
saya ada masalah, location-nya saya taruh langsung di drive E:, tanpa saya beri folder, dan sekarang saya bingung bagaimana cara mengembalikan ke default My Documents?
terima kasih

Intinya dia menanyakan bagaimana cara mengembalikan lokasi folder My Documents tersebut ke posisi default. Untuk itu pada artikel kali ini saya akan membahas cara mengembalikan lokasi default foder my documents di Windows 7. Untuk lebih singkatnya, berikut langkah-langkahnya:
  1. Klik kanan folder My Documents pada Library » Documents » My Documents dan pilih Properties. Pada kasus yang saudara Arif, dia memindahkan folder My Documents ke sebuah drive tanpa memberinya folder, biasanya folder My Documents akan diganti dengan nama drive tersebut. Jadi klik kanan pada drive tersebut dan pilih Properties.
  2. Konteks Menu My Documents
  3. Pada jendela Properties yang muncul, klik tab Location dan klik tombol Restore Default. Sekedar informasi, saya sebelumnya memindahkan folder My Documents ke F:\Dokumen Saya.
  4. My Documents Properties
  5. Kemudian akan muncul sebuah pesan yang menanyakan, apakah Anda mau memindhkan semua file ke lokasi default. Jika Anda ingin memindahkan semua isi folder atau drive tersebut, klik Yes. Jika tidak klik No.
  6. Kotak Pesan Move
    Jika Anda memilih Yes pada pesan tadi, maka semua isi folder pada lokasi sebelumnya akan dipindahkan ke posisi default folder My Documents yaitu pada C:\Users\UsernameAnda\My Documents (contoh: Username saya adalah Adit, maka lokasi default My Documents adalah C:\Users\Adit\My Documents.
    Jika Anda memilih No, maka Anda bisa memilih sendiri file dan folder yang akan dipindahkan dari lokasi sebelumnya ke lokasi default. Caranya yaitu dengan melakukan Cut dan Paste dari folder sebelumnya ke folder default yaitu di C:\Users\UsernameAnda\My Documents.
Sekian tips cara mengembalikan lokasi default folder My Documents di Windows 7. Kepada saudara Arif R., semoga tips ini membantu dan bisa mengatasi masalah Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management