Kamis, 26 Januari 2012

Membuat Bootable ISO/CD Setup Windows XP dengan NLite

Cara membuat bootable ISO atau CD Setup Windows XP ini merupakan seri terakhir dari tutorial NLite, setelah beberapa kali saya bahas tutorial NLite yang terdahulu yaitu Mengintegrasikan Hotfix ke Setup Windows XP, Mengintegrasikan Service Pack ke Setup Windows XP, Mengintegrasikan Driver ke Setup Windows XP dan Cara Membuat Unattended Setup Windows XP. Anda dapat melakukan kelima tutorial tadi serta tutorial ini dalam waktu yang bersamaan dengan menandai semua opsi yang diperlukan pada jendela Task Selection.
Untuk membuat Bootable ISO atau CD Setup Windows ini, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan. Bagi Anda yang ingin langsung membuat CD/DVD, Anda perlu mempersiapkan sebuah CD/DVD Burner dan sebuah CD/DVD Blank (kosong). Sedangkan Anda yang hanya ingin membuat ISO (image) maka Anda hanya perlu menyiapkan ruang kosong di harddisk kurang lebih 1 GB.
Jika semuanya sudah siap, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat bootable ISO atau CD Setup Windows XP dengan Nliet:
  1. Buka NLite. Pada jendela pertama klik Next.
  2. Di jendela kedua, klik tombol Browse untuk menentukan lokasi folder Setup Windows XP.
  3. Browse Setup Windows XP
  4. Selanjutnya, di jendela Browse For Folder, pilih folder setup Windows XP yang sudah di copy ke harddisk. Jika Anda telah melakukan tutorial sebelumnya, Anda bisa menggunakan setup tersebut. Tunggu hingga proses scanning yang dilakukan NLite selesai. Klik Next untuk melanjutkan.
  5. Pilih Folder Setup Windows XP
  6. Selanjutnya akan muncul jendela Import Preset. Di jendela ini Anda bisa mengimport sesi yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Lewati saja langkah ini dengan mengklik Next.
  7. Berikutnya, pilih opsi Bootable ISO dan klik Next.
  8. Pilih Opsi Bootable ISO
  9. Pada jendela selanjutnya, ada 2 (dua) opsi yang bisa Anda pilih yaitu membuat bootable ISO atau langsung membakarnya ke CD/DVD.
    • Bagi Anda yang ingin membuat bootable ISO, pilih Create Image pada opsi Mode. Kemudian klik tombol Make ISO.
      Bootable ISO
      Klik gambar untuk memperbesar
      Selanjutnya, tentukan lokasi tempat menyimpan file ISO pada jendela Select where to save the ISO dan berikan nama yang sesuai dengan keinginan Anda.
      Pilih Lokasi ISO
      Klik gambar untuk memperbesar
      Proses pembuatan ISO akan segera berjalan dan tunggu hingga proses tersebut selesai.
    • Sedangkan Anda yang ingin langsung membakarnya ke CD/DVD atau membuat bootable CD/DVD, masukkan terlebih dahulu CD blank yang sudah Anda siapkan. Kemudian pada jendela Nlite, pilih Direct Burn pada opsi Mode. Pilih drive CD/DVD burner yang akan dipakai pada opsi Device. Tentukan kecepatan burning pada Burn Speed. Teakhir klik tombol Burn untuk memulai proses pembakaran CD/DVD. Tunggu hingga proses selesai.
    • Direct Burn
      Klik gambar untuk memperbesar
  10. Apabila proses pembuatan ISO atau proses pembakaran CD selesai, klik tombol Next. Terakhir klik tombol Finish.
Langkah-langkah pembuatan Bootable ISO/CD Setup Windows XP dengan NLite telah selesai. Kini Anda telah mempunyai CD Setup Windows XP yang sudah terintegrasi dengan driver, hotfix, service pack dan unattended setup. Bagi Anda yang membuat file ISO, Anda bisa membakar file ISO tersebut ke CD/DVD dengan software burner seperti Nero atau Ashampo Burning Studio. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management